PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

UTAMI, RIZKY PUTRI (2015) PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (840Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rizky Putri Utami. PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI SLB A YKAB SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap kemampuan gerak lokomotor dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada anak tunagrahita sedang di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain reversal A-B-A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita sedang kelas 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes perbuatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, disertai analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes perbuatan gerak lokomotor yang diperoleh subyek dari setiap fase pengukuran mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh pada pengukuran baseline 1 untuk masing-masing sesi yaitu 40. Kemudian setelah diberi intervensi 1 berupa metode bermain, nilai yang diperoleh pada sesi pertama sebesar 65 dan pada sesi kedua meningkat menjadi 70. Pada pengukuran baseline 2, nilai yang diperoleh subyek pada sesi pertama dan sesi kedua adalah 75, dilanjutkan dengan pemberian intervensi 2 berupa metode bermain, nilai tes perbuatan kemampuan gerak lokomotor meningkat menjadi 85 pada setiap sesi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode bermain berpengaruh terhadap kemampuan gerak lokomotor dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada anak tunagrahita sedang di SLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Bermain, Gerak Lokomotor, Anak Tunagrahita Sedang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 02 Oct 2015 18:32
    Last Modified: 02 Oct 2015 18:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20099

    Actions (login required)

    View Item