PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG DEMONSTRASI SEBAGAI SALURAN ASPIRASI POLITIK TERHADAP KESADARAN POLITIK MAHASISWA ANGGOTA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FKIP UNS 2013/2014

Sari, Sinta Kurnia (2015) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG DEMONSTRASI SEBAGAI SALURAN ASPIRASI POLITIK TERHADAP KESADARAN POLITIK MAHASISWA ANGGOTA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FKIP UNS 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (703Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang demonstrasi sebagai saluran aspirasi politik terhadap kesadaran politik mahasiswa anggota badan eksekutif mahasiswa FKIP UNS 2013/2014.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa progam studi FKIP UNS yang ikut menjadi pengurus BEM FKIP UNS. Untuk sampel seluruh populasi digunakan menjadi sampel yaitu 88 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan sensus. Teknik pengumpulan data untuk variabel persepsi mahasiswa tentang demonstrasi sebagai saluran aspirasi politik (X) dan variabel kesadaran politik (Y) menggunakan metode angket yang bersifat tertutup.Teknik analisis data yang digunakan adalah anova satu jalan (one-way anava). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan persepsi mahasiswa tentang demonstrasi sebagai saluran aspirasi politik terhadap kesadaran politik mahasiswa anggota badan eksekutif mahasiswa FKIP UNS 2013/2014 yang dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yaitu diperoleh nilai f hitung = dan pada taraf signifikansi 5% maka diperoleh ftabel = 3,95, karena fhitung >ftabel yaitu 54,45> 3,95, maka Ha diterima dan H0 ditolak berarti menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Variabel X dengan Variabel Y. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang demonstrasi sebagai saluran aspirasi politik terhadap kesadaran politik mahasiswa anggota badan eksekutif mahasiswa FKIP UNS 2013/2014. Kata kunci :Persepsi demonstrasi, kesadaran politik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Oct 2015 16:03
    Last Modified: 02 Oct 2015 16:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20087

    Actions (login required)

    View Item