ANALISIS PERUBAHAN PERMUKIMAN DAN KARAKTERISTIK PERMUKIMAN KUMUH AKIBAT ABRASI DAN INUNDASI DI PESISIR KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2003 – 2013 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi di SMA Pada Kelas XI Semester II Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Standar Kompetensi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup)

Asiyah, Siti (2015) ANALISIS PERUBAHAN PERMUKIMAN DAN KARAKTERISTIK PERMUKIMAN KUMUH AKIBAT ABRASI DAN INUNDASI DI PESISIR KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2003 – 2013 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi di SMA Pada Kelas XI Semester II Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Standar Kompetensi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (196Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perubahan permukiman yang hilang akibat abrasi dan inundasi di Pesisir Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun 2003 – 2013; 2) Mengetahui karakteristik permukiman kumuh di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak akibat abrasi dan inundasi Tahun 2013; 3) Mengetahui persebaran permukiman kumuh di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak akibat abrasi dan inundasi Tahun 2013. Penelitian ini dilakukan di Pesisir Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Sriwulan, Desa Bedono, Desa Timbulsloko, dan Desa Surodadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model Milles & Huberman dan analisis spasial. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa :1) Terjadi perubahan permukiman di Pesisir Kecamatan Sayung, perubahan tersebut disebabkan permukiman hilang akibat abrasi dan inundasi, sebanyak 221 unit permukiman hilang dari Pesisir Kecamatan Sayung selama kurun waktu 10 tahun, 2) Karakteristik permukiman kumuh di Pesisir Kecamatan Sayung adalah dinding bangunan, lantai rumah, jalan, dan sarana dan prasarana yang rusak dan menjadi kumuh karena abrasi dan inundasi, 3) Persebaran permukiman kumuh di Pesisir Kecamatan Sayung menyebar di seluruh dusun yang terdapat di permukiman berbatasan langsung dengan laut dan bantaran sungai – sungai disekitar desa. Sebanyak 83 permukiman kumuh karena abrasi dan 2.036 permukiman kumuh karena inundasi. Kata Kunci : perubahan permukiman, permukiman kumuh, abrasi, inundasi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Oct 2015 14:55
    Last Modified: 02 Oct 2015 14:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20074

    Actions (login required)

    View Item