HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP TENTANG PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DAN MOTIVASI DARI BIDAN DENGAN KESEDIAAN MELAKUKAN TES Prevention of Mother to Child of HIV Transmission PADA IBU HAMIL ( Di Puskesmas Campurejo, Kota Kediri)

VITASARI, RIZKY NUR (2015) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP TENTANG PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DAN MOTIVASI DARI BIDAN DENGAN KESEDIAAN MELAKUKAN TES Prevention of Mother to Child of HIV Transmission PADA IBU HAMIL ( Di Puskesmas Campurejo, Kota Kediri). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1267Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rizky Nur Vitasari. S541302130 (2013). Hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap tentang penyakit menular seksual dan motivasi dari bidan dengan kesediaan melakukan tes prevention of mother to child of hivtransmission pada ibu hamil (di puskesmas campurejo, kecamatan mojoroto, kota Kediri). Pembimbing I: Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, MSc, PhD. Pembimbing II: Prof. Dr. dr. Didik Tamtomo, PAK, MM, MKK. Program Magister Kedokteran. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Latar Belakang : HIV/AIDS merupakan penyebab utama kematian perempuan usia reproduksi. Infeksi HIV pada ibu hamil dapat mengancam kehidupan ibu serta ibu dapat menularkan virus terhadap bayinya. Lebih dari 90% kasus anak terinfeksi HIV/AIDS, ditularkan melalui proses penularan dari ibu ke anak. Data estimasi UNAIDS/WHO (2009) juga memperkirakan 22.000 anak di wilayah Asia-Pasifik terinfeksi HIV dan tanpa pengobatan, setengah dari anak yang terinfeksi tersebut akan meninggal sebelum ulang tahun kedua. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap tentang penyakit menular seksual, dan motivasi dari bidan dengan kesediaan melakukan tes prevention of mother to child of hiv transmission pada ibu hamil ( di puskesmas campurejo, kecamatan mojoroto, kota kediri). Metode :Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan sampel sebanyak 45 orang dengan teknik pengambil sampel proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada ibu hamil. Teknik analisis data menggunakan regresi logistik ganda. Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan kesediaan melakukan Tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission dan secara statistic signifikan (OR= 8,60; CI=95%; 1,08 hingga 68,56; p = 0,042). Ada hubungan antara sikap tentang penyakit menular seksual dengan kesediaan melakukan Tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission dan secara statistik signifikan (OR= 8,52; CI=95%; 1,19 hingga 60,95; p = 0,033). Ada hubungan antara motivasi dari bidan dengan kesediaan melakukan Tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission dan secara statistik signifikan (OR= 27,58; CI=95%; 2,06 hingga 369,58; p = 0,012). Keywords: Pengetahuan, Sikap, Motivasi dan Kesediaan melakukan tes Prevention of Mother to Child of HIV Transmission

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 02 Oct 2015 14:29
    Last Modified: 02 Oct 2015 14:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20064

    Actions (login required)

    View Item