PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM (Studi Tentang Persepsi Anggota Kine Klub FISIP UNS Terhadap Product Placement Snack Tao Kae Noi Dalam Film The Billionaire)

SANGKOYO, LAMARTIN WISNU (2015) PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM (Studi Tentang Persepsi Anggota Kine Klub FISIP UNS Terhadap Product Placement Snack Tao Kae Noi Dalam Film The Billionaire). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (28Kb) | Preview

    Abstract

    Pemasaran bertujuan untuk membentuk konsumen potensial agar membeli produk perusahaan, serta untuk membangun identitas merek dan ekuitas merek bagi produk yang dimiliki perusahaan tersebut. Di tengah persaingan yang kompetitif, banyaknya produk substitusi di pasar dan keterbatasan waktu bagi konsumen untuk memilih produk, menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi produk dengan keunggulan bersaing yang tinggi. Keunggulan bersaing suatu merek diciptakan melalui kesadaran merek melalui suatu proses mulai dari perasaan tidak mengenal merek, hingga dapat membuat konsumen yakin bahwa merek tersebut merupakan satu-satunya merek yang ada dalam kelas produk atau jasa tertentu. Hampir semua produk yang diproduksi menggunakan iklan sebagai media promosi yang efektif. Banyak media yang dapat digunakan oleh produsen dalam mempromosikan produknya, misalnya, melalui iklan di surat kabat, televisi, radio, dan film. Hal tersebut dilakukan oleh produsen disesuaikan dengan karakter media, sehingga dapat mengkomunikasi antara produsen dengan konsumen. Salah satu media informasi yang perpengaruh besar pada khalayak adalah televisi dan film. Televisi dan film bukan hanya menyajikan hiburan (entertainment) kepada penontonnya, namun juga mampu memberikan pengaruh yang luar biasa dalam mengarahkan perilaku konsumsi audiens. Pengaruh ini bahkan mampu merubah perilaku dan sudut pandang penggunanya terhadap sesuatu hal. Oleh sebab itu, film dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan jika film itu dibuat dengan baik sehingga dapat menarik banyak orang untuk menontonnya. Bagi perusahaan pengiklan yang mengandalkan iklan televisi untuk mempromosikan produknya, situasi ini sangat tidak diharapkan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mulai beralih ke caracara lain untuk promosi. Salah satu caranya melalui penempatan produk (product placement). Product placement merupakan salah satu alternatif untuk melengkapi iklan komersil saat ini, karena dapat memperoleh perhatian penonton secara tidak langsung. Penempatan produk merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan pengiklan untuk menampilkan produknya dengan kesan bahwa keberadaan produk tersebut seolah-olah menjadi bagian dalam cerita film tersebut. Sehingga tanpa sadar konsumen akan menikmati tayangan iklan suatu produk yang muncul menjadi satu dengan alur cerita film tanpa menimbulkan paksaan bagi konsumen untuk melihat produk yang di tayangkan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertitik tolak dari pendekatan fenomenologis, menekankan berbagai aspek subyektif dari perilaku manusia, supaya dapat mengerti tentang bagaimana dan apa persepsi yang mereka bentuk dari menonton film The Billionaire, dengan studi kasus sebagai metode riset. Prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan yang didapat dari wawancara mendalam (indepth interview) dari 10 narasumber yang kesemuanya adalah anggota dari KINEKLUB Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, dan juga dokumentasi, buku, data-data yang terkait dengan tema penelitian. Validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi metodologis. Hasil penelitian ini adalah anggota KINEKLUB Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memberikan persepsi positif. Yaitu, product placement Tao Kae Noi dalam film The Billionaire dari segi visual dapat mereka lihat, mereka sadari keberadaan nya dan dari segi audio responden juga berpersepsi negatif bahwa product placement tersebut tidak dapat mereka kenali keberadaan nya dan tidak terdengar oleh mereka dalam menonton film Tersebut. Dan responden berpersepsi positif pada product placement Tao Kae Noi dalam plot cerita film The Billionaire, responden menyatakan bahwa adanya produk Tao Kae Noi dalam film The Billionaire tidak mengganggu dan bahkan menyatu dengan kuat di dalam plot film.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 02 Oct 2015 14:12
    Last Modified: 02 Oct 2015 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20057

    Actions (login required)

    View Item