PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Pranowo, Faisal Dwi (2013) PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] Microsoft Word
Download (914Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Faisal Dwi Pranowo F1310040 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan dan reputasi auditor terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2009 - 2012. Sampel dari penelitian ini menggunakan 26 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Adusjted R2 adalah 21,3%. Hal tersebut berarti bahwa 21,3% variasi ketepatan waktu dapat dijelaskan oleh keempat variabel, yaitu profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan dan reputasi auditor, sedangkan 78,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Lebih lanjut, dari hasil uji F mengindikasikan bahwa profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan dan reputasi auditor secara simultan berpengaruh terhadap ketepatan waktu. Hasil dari uji t membuktikan bahwa ukuran perusahaan dan reputasi auditor berpengaruh negatif terhadap ketepatan waktu, sebaliknya profitabilitas dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu. Kata kunci: Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Timeliness.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 10:11
    Last Modified: 04 Oct 2015 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20050

    Actions (login required)

    View Item