EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA SMP KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

HARIYATI, ENDANG (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA SMP KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (629Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran PBL model pembelajaran koope ratif tipe TAI atau konvensional , (2) manakah di antara kategori Multiple Intelligences siswa, yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis - logis , atau kecerdasan interperson al , (3) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran PBL model pembelajaran kooperatif tipe TAI atau konvensional pada masing - masing jenis kategori Multiple Intelligences siswa , (4) manakah yang memberikan prestasi bel ajar matematika lebih baik, siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik, kecerdasan matematis - logis, atau kecerdasan interpersonal pada model pembelajaran PBL model pembelajaran kooperatif tipe TAI atau konvensional . Jenis p enelitian ini adalah penelitian e ksperimental semu dengan desain faktorial 3 3 . Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Lampung Timur . Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling kemudian diperoleh sampel penelitiannya yaitu peserta didik di SMP Negeri 1 Pekalongan, SMP Negeri 2 Pekalongan, dan SMP Negeri 3 Batanghari . Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 8 2 peserta didik, dengan rincian 9 4 peserta didik pada kelas eksperimen satu, 9 3 peserta didik pada kelas eksperimen dua , dan 95 pada kelas kontrol . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah penjumlahan angket multiple intelligences dan tes prestasi belajar matematika. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran PBL dan konvensional, model pembelajaran PBL menghasilkan prestasi belaja r lebih baiknya dengan konvensional, (2) peserta didik kategori matematis logis memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan kategori linguistik dan kategori interpersonal , kategori linguistik memberikan prestasi belajar sama baiknya deng an kategori interpersonal, (3) peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, kategori matematis logis memberikan prestasi belajar lebih baik dibandingkan dengan kategori interpersonal , kategori linguistik memberikan prestasi belajar sam a baiknya dengan kategori interpersonal , kategori matematis logis secara signifikan memberikan prestasi belajar sama baiknya dengan kategori linguistik . Peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PBL dan konvensional, kategori linguistik , kategori matematis logis dan kategori interpersonal menghasilkan prestasi yang sama baiknya. (4) peserta didik dengan kategori linguistik , model pembelajaran kooperatif tipe TAI mempunyai prestasi yang lebih baik daripada model konvensional , model pembelajaran PB L mempunyai prestasi yang sama baik dengan model konvensional, dan model pembelajaran kooperatif tipe TAI mempunyai prestasi yang sama dengan model pembelajaran PBL . Peserta didik dengan kategori matematis logis , model pembelajaran kooperatif tipe TAI, PBL dan konvensional yang sama baiknya. . Peserta didik dengan kategori interpersonal , model pembelajaran kooperatif tipe TAI, PBL dan konvensional yang sama baiknya. Kata kunci: TAI, PBL , multiple intelligences , Linguistik, Matematis Logis, Interpersonal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 04 Oct 2015 09:58
    Last Modified: 04 Oct 2015 09:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20049

    Actions (login required)

    View Item