STRATEGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SUKOHARJO DALAM MENINGKATKAN RESTRIBUSI PELAYANAN PASAR

Gumilang, Dahlia Dewi Surya (2013) STRATEGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SUKOHARJO DALAM MENINGKATKAN RESTRIBUSI PELAYANAN PASAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (341Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dahlia Dewi Surya Gumilang, D0107040, Strategi Dinas P erindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Sukoharjo Dalam Meningkatkan Retribusi Pelayanan Pasar, 2013, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strate gi yang dilakukan oleh Dinas Periindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sukoharjo untuk meningkatkan pendapatan dari retribusi pelayanan pasar . Selain itu untuk mengetahui apa saja hambatan - hambatan yang dihadapi oleh Dinas Perindustroan dan Perdagangan Kabu paten Sukoharjo dalam meningkatkan pendapatan dari retribusi pelayanan pasar. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek yang diteliti. D alam penelitian ini sample yang diambil menggunakan metode purposive sampling dengan memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang mengetahui masalah secara mendalam. Penulis memperoleh sumber data dari wawancara dan pencatatan dokumen. Untuk validitas data, penulis menggun akan teknik trianggulasi yaitu dengan pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu dari luar data itu untuk pengecekan. Hasil dari penelitian terdapat em p at strategi yang dilakukan Disperindag dalam meningkatkan retribusi pelayanan pasar yaitu : 1) sosialisasi yang betujuan untuk memberi pemahaman kepada pedagang tentang retribusi dan untuk apa uang tersebut. Sosialisasi dilakukan secara formal dan informal. Sejauh ini sosialisasi yang dilakukan cukup berhasil ditandai dengan banyaknya pedagang yang paham pentingnya membayar retribusi pelayanan pasar tersebut. 2) pengawasan, yang dilakukan untuk mengawasi petugas dan pendapatan dari retribusi pelayanan pasar yang disetrokan oleh petugas agar tidak terjadi penyelewengan. Pengawasan dilakukan dengan du a cara yaitu dengan menghitung jumlah karcis yang keluar dengan jumlah uang yang masuk dan dengan sidak yang dilakukan bersama dengan Satpol PP. Pelaksanaan pengawasan belum berjalan optimal sebab masih adanya oknum penarik yang tidak memberikan karcis saa t menarik retribusi dan sikap pedagang pasar yang tidak mempermasalahkan bila tidak diberi karcis/tiket saat penarikan retribusi hanya karena uang yang mereka keluarkan tidak banyak . 3). Penambahan sarana dan prasarana pasar meliputi penambahan personil ke bersihan, penambahan kotak sampah dan menaikkna daya listrik. 4). Adanya insentif dan denda untuk para pedagang pasar. Tujuan diterapkannya strategi tersebut adalah agar para pedagang tidak mangkir membayar retribusi. Sejauh ini yang sering diberikan kepad a pedagang adalah berupa insentif yang berbentuk piagam untuk para pedagang yang tertib dalam membayar retribusi. Sedangkan untuk denda belum pernah diberikan kepada pedagang. Hambatan - hambatan yang dihadapi Disperindag dalam meningkatkan pendapatan retrib usi pelayanan pasar adalah sumberdaya manusia baik secara kuantitas maupun kualitas yang termasuk dalam hambatan internal, sedangkan hambatan eksternal berasal dari pedagang, ada beberapa pedagang masih menganggap retribusi pelayanan pasar disamakan dengan pajak. Hal lain yang menjadi faktor penghambat adalah pedagang yang menunggak pembayaran retribusi karena tidak berjualan dengan waktu yang relatif lama. Kata Kunci :Pendapatan Asli Daerah, restribusi Pelayanan Pasar, Disperindag

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 03 Oct 2015 19:32
    Last Modified: 03 Oct 2015 19:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20044

    Actions (login required)

    View Item