Analisa kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI),Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Gondangmanis - Kudus km 0+000 – 3+000.

PRATAMA, MANAS (2015) Analisa kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI),Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Gondangmanis - Kudus km 0+000 – 3+000. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (108Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Manas Pratama., 2015. Analisa kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI),Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Gondangmanis - Kudus km 0+000 – 3+000. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Transportasi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ruas Jalan Gondangmanis merupakan ruas jalan kolektor kelas III B dengan jenis perkerasan lentur dan memiliki lebar 6 m. Ruas jalan ini menjadi jalur penghubung antara Kabupaten Kudus ke Kabupaten Pati. Jenis kendaraan yang melalui ruas jalan ini terdiri dari motor, mobil dan truck besar hingga treiler. Agar berfungsi lebih baik, harus dilakukan evaluasi secara periodik dengan dukungan data yang valid. Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Gondangmanis Kudus dilakukan karena beberapa alasan. Dengan tujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu setiap 50 m. Kemudian, setiap segment jalan dilakukan pengamatan (secara visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI. Dari hasil pengamatan diperoleh nilai PCI 57.3 tergolong “Fair” dengan jenis kerusakan berupa Alligator Cracking, Depression, Bleeding, Longitudinal Cracking, Polished Aggregat, Patching, Potholes and Stripping. Kerusakan ini pada beberapa segmen saja dan dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu dengan pengisian retak, laburan aspal setempat, penebaran pasir dan penambalan. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas, nilai CBR 90% sebesar 7.5% dan daya dukung tanah 5,48 dilakukan perencanaan tebal lapisan ulang dengan tebal 8 cm sesuai dengan umur rencana yaitu 10 tahun. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms.744. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan & peningkatan mutu pada Jalan Gondangmanis – Kudus km 0+000 – 3+000 tahun 2015 adalah Rp. 2.946.276.228,- Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), LASTON, RAB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 02 Oct 2015 13:47
    Last Modified: 02 Oct 2015 13:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20040

    Actions (login required)

    View Item