MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI TENTANG BIOSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PATI TAHUN 2013 (Suatu Penelitian Tindakan Kelas)

Rodliyah, Siti (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI TENTANG BIOSFER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PATI TAHUN 2013 (Suatu Penelitian Tindakan Kelas). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (452Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan hasil belajar Geografi tentang biosfer melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperataif tipe jigsaw pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pati Tahun 2013; (2) peningkatan aktivitas siswa belajar geografi tentang biosfer melalui pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pati Tahun 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus dan tiap siklus meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, mengobservasi tindakan, dan merefleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif yang melibatkan seorang teman guru geografi mulai dari perencanaan, sebagai observer dan merefleksi. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pati Tahun 2013 . Pengumpulan data dengan metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran geografi dan tes untuk mengetahui hasil belajar geografi . Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini rata-rata nilai meningkat dari sebelum diberi tindakan (pretest ) sampai pada setelah diberi tindakan siklus I dan siklus II. Rata-rata pretest siklus I mencapai 56,54; rata-rata siklus I mencapai 70,59; rata-rata pretest siklus II mencapai 76,19 dan rata-rata siklus II mencapai 82,14. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti pula peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penilaian aktivitas siswa didapat dari: respon siswa dalam mengikuti pelajaran siklus I sebesar 57,5% naik menjadi 90% pada siklus II, interaksi siswa pada siklus I sebesar 62,5% naik menjadi 87,5% pada siklus II , kerjasama 67,5% pada siklus I naik menjadi 92,5% pada siklus II, dan tanggung jawab pada siklus I sebesar 62,5% naik menjadi 95% pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran kooeratif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa belajar geografi tentang biosfer pada siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Pati tahun 2013. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 02 Oct 2015 09:29
    Last Modified: 02 Oct 2015 09:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20025

    Actions (login required)

    View Item