PENERAPAN MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI BPU ROSALIA INDAH

PRASETYO, DANANG SURYO (2015) PENERAPAN MEDIA PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI BPU ROSALIA INDAH. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (115Kb) | Preview

    Abstract

    Bauran promosi merupakan arus informasi untuk mempengaruhi, membujuk serta mengingatkan konsumen akan suatu produk dalam suatu perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan merencanakan bauran promosi secara matang dari periklanan sampai dengan publisistasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran promosi yang tepat dan efisien di perusahaan jasa transportasi yaitu BPU. Rosalia Indah. Penelitian ini mengambil lokasi di BPU. Rosalia Indah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan, menjelaskan secara sistematis, faktual, dan akurat suatu objek masalah yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan penulis berupa metode wawancara, observasi berperan aktif, dan perekam berupa foto. Sumber data yang digunakan adalah dokumentasi dan informan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulakan bahwa BPU. Rosalia Indah menggunakan tiga variabel bauran promosi yaitu periklanan, penjualan tatap muka (personal selling), pemasaran mulut lewat mulut (Word of Mouth Marketing). Dari tiga variabel yang ada pada BPU. Rosalia Indah, variabel Word of Mouth Marketing adalah variabel yang paling sering digunakan BPU. Rosalia Indah. Dengan memberikan diskon potongan harga bagi pelanggan yang mempunyai member card dan dengan cara memberikan sofenir hadiah kepada pelanggan. Selain itu pada hari besar khususnya hari raya Idul Fitri perusahaan memberikan sembako kepada lingkungan sekitar yang kurang mampu. Hasil penelitian diatas sebagai alasan dalam memberikan saran yang dapat disamapaikan sebaiknya BPU. Rosalia Indah lebih meningkatkan minat beli konsumen dengan memasang media cetak seperti sepanduk yang dibuat oleh BPU. Rosalia Indah seharusnya dapat disebarkan ditempat-tempat umum yang ramai pengunjung dan pengunjung tersebut dapat langsung melihat iklan yang dibuat BPU Roslia Indah. Promosi penjualan dengan cara memberikan diskon juga dilakukan bagi para konsumen yang melakukan pembelian lebih dari 10. Diskon diberikan kepada 5 konsumen pertama yang melakukan pembelian pada hari senin sampai hari kamis karena pada hari jumat smapai minggu sudah ramai menjelang hari libur. Kata kunci: Bauran Promosi (periklanan, Personal Selling, Word of Mouth Marketing).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 08:41
    Last Modified: 02 Oct 2015 08:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20016

    Actions (login required)

    View Item