HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PUTRI, CYNTHIA DEWI SUDARNO (2015) HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (639Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014, (2) Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, (3) Hubungan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Berprestasi secara bersama Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, sejumlah 136 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel populasi dan diambil dengan Teknik Simpel Random Sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) hipotesis 1 ” Ada hubungan positif yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2013/2014” dapat diterima kebenarannya. Karena rx1y = 0,506 > rtabel = 0,344 dan ?=0.002 (sesuai dengan kaidah hipotesis yaitu ? <0,05). (2) hipotesis 2 ” Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2013/2014” dapat diterima kebenarannya. Karena rx2y = 0,536 > rtabel = 0,344 dan ?=0.001 (sesuai dengan kaidah hipotesis yaitu ? <0,001). (3) hipotesis 3 ” Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara status social ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi secara bersama dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2013/2014” dapat diterima kebenarannya. Karena Rx1x2y = 0,704 > rtabel = 0,344 dan ? =0.000(sesuai dengan kaidah hipotesis yaitu ? <0,001). Variabel bebas (status sosial ekonomi orang tua dan Motivasi berprestasi)memberikan konstribusi sebesar 49,73% terhadap prestasi belajar. Sumbangan relatif status sosial ekonomi orang tua sebesar 47,03%, sumbangan relatif motivasi berprestasi sebesar 53,23%, sedangkan sumbangan efektif status sosial ekonomi orang tua sebesar 23,33, sumbangan efektif motivasi berprestasi sebesar 26,40%. Kata kunci : Status sosial ekonomi, Motivasi berprestasi, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 07:59
    Last Modified: 02 Oct 2015 07:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20005

    Actions (login required)

    View Item