EVALUASI PROGRAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA DI SDN BANYUANYAR 3 SURAKARTA OLEH YAYASAN KAKAK

PUTRI, CLARA PEDIKA (2015) EVALUASI PROGRAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA DI SDN BANYUANYAR 3 SURAKARTA OLEH YAYASAN KAKAK. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (119Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pengurangan resiko bencana yang di lakukan oleh Yayasan KAKAK bagi siswa SDN Banyuanyar 3 Surakarta. Secara garis besar, jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi evaluasi model terbuka yang mencakup input, proses, output, outcome dan impact. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari pengurus Yayasan KAKAK dan siswa serta guru SDN Banyuanyar 3. Sedangkan data sekunder diperoleh dari arsip, dokumen, buku. Jenis sampel yang di gunakan yakni purposive sampling, dimana Sampel dalam penelitian ini adalah 14 informan, dimana 4 diantaranya adalah pengurus Yayasan KAKAK, serta 2 Guru yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah wali kelas IV dan kelas V SD karena yang mendapatkan pelatihan adalah siswa kelas IV dan kelas V, sedangkan 8 siswa yang di pilih sebagai informan adalah 4 siswa kelas IV dan 4 siswa kelas V berdasarkan tingkat kepandaian serta mereka yang pernah atau belum pernah terkena banjir. data di analisis dengan analisis model interaktif yang menggunakan 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi data diperlukan menjamin adanya validitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program sesuai dengan rencana yang telah di tentukan, meskipun demikian terdapat faktor penghambatnya di antaranya tempat dan fasilitas yang kurang memadai. Yayasan KAKAK melaksanakan program PRB bukan tanpa alasan, tetapi karena ada stimulus atau rangsangan berupa bencana alam yang sering terjadi belakangan ini, di mana Yayasan KAKAK berperan sebagai aktor yang ingin mencapai tujuan dengan menggunakan alat dan cara sesuai dengan teori aksiyang di kemukakan oleh Talcott Parsons. Hasil evaluasi diantaranya input, ditemukan adanya 40 siswa kelas IV dan 40 siswa kelas V penerima program, dana yang di alokasikan sebesar Rp 1.100.000,00 dan program selama 2 hari. Proses tampak dari persiapan hingga terlaksananya program PRB, output tampak pada terlaksananya program PRB dan banyaknya siswa yang mengikuti program, outcome berupa bertambahnya pengetahuan siswa kelas IV dan V SDN Banyuanyar 3 Surakarta, serta banyaknya permintaan penerima program untuk kembali melakukan pelatihan di SD mereka, dan impact terlihat pada kepekaan siswa terhadap lingkungan sekitar. Pelaksanaan program PRB sebagai sistem sosial dapat berjalan dengan menerapkan keempat fungsi AGIL. (1) Adaptasi, trainer mampu menyesuaikan diri dengan penerima program atau siswa SDN Banyuanyar 3 Surakarta; (2) Goal Attainment (Pencapaian Tujuan) target dan tujuan yang ingin di capai adalah agar siswa menjadi tanggap bencana; (3) Integrasi, Yayasan KAKAK harus mampu mengatur bagian-bagian di dalamnya, agar pelaksanaan program bisa berjalan dengan lancar; (4) Latensi, dimana Yayasan KAKAK mampu memelihara motivasi dan semangat individu-individu didalam sebuah komunitas agar agar program PRB bisa berkelanjutan, tidak hanya sebatas pemberian program namun diharapkan program ini dapat di pertahankan bahkan lebih dikembangkan. Kata Kunci : Evaluasi, Program PRB, Yayasan KAKAK

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 07:43
    Last Modified: 02 Oct 2015 07:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20000

    Actions (login required)

    View Item