IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 46 TAHUN 2013 TENTANG PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN DARI USAHA YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK YANG MEMILIKI PEREDARAN BRUTO TERTENTU (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KARANGANYAR)

QURLITA, CINDY RIZKA (2015) IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 46 TAHUN 2013 TENTANG PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN DARI USAHA YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK YANG MEMILIKI PEREDARAN BRUTO TERTENTU (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KARANGANYAR). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (883Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui sosialisasi, tingkat pemahaman Wajib Pajak, respon Wajib Pajak, dan penerimaan Pajak Penghasilan dengan penerapan PP Nomor 46 Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian berupa deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Pegawai KPP Pratama Karanganyar bagian Pengawasan dan Konsultasi (Waskon), bagian Pelayanan, bagian Pengelolaan Data dan Informasi (PDI), dan Wajib Pajak. Sumber data berasal dari data primer berupa observasi dan wawancara, dan data sekunder berupa dokumen yang mendukung penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, pencatatan arsip, dan teknik wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode. Analisis data dilaksanakan sesuai dengan bagan komponen model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Prosedur penelitian dilakukan dari tahap pra lapangan, kegiatan lapangan, analisis data, dan penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi PP Nomor 46 Tahun 2013 yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan Direktur Jenderal Pajak. Namun, dalam pelaksanaannya menimbulkan permasalahan bagi Wajib Pajak karena pembayaran pajak lebih besar dibandingkan menggunakan perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 25. Sistem perhitungan Pajak Penghasilan Final sesuai PP Nomor 46 Tahun 2013 menganut self assessment system telah berjalan sebagaimana mestinya dan Wajib Pajak tidak mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan. Hal ini memberikan dampak yang menunjukan adanya peningkatan realisasi penerimaan pajak Tahun 2013 di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar. Simpulan penelitian ini adalah implementasi PP Nomor 46 Tahun 2013 sudah berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga memberikan dampak pada realisasi penerimaan pajak pada Tahun 2013 di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar mengalami peningkatan. Kata kunci: Implementasi PP Nomor 46 Tahun 2013, Pajak Penghasilan, Realisasi Penerimaan Pajak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 07:10
    Last Modified: 02 Oct 2015 07:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19993

    Actions (login required)

    View Item