HUBUNGAN RELIGIUSITAS, KONSEP DIRI DAN KEINTIMAN KELUARGA DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA MAHASISWA KEBIDANAN POLTEKKES BHAKTI MULIA

CHOTIMAH, CHUSNUL (2015) HUBUNGAN RELIGIUSITAS, KONSEP DIRI DAN KEINTIMAN KELUARGA DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA MAHASISWA KEBIDANAN POLTEKKES BHAKTI MULIA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (523Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Perilaku seksual pranikah dikalangan remaja cenderung meningkat. Hal tersebut karena remaja tidak siap menghadapi perubahan dalam dirinya termasuk dorongan seks yang mulai meningkat pada masa ini dan sulit dikendalikan. Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap perilaku reproduksi remaja diantaranya adalah faktor keluarga. Sedangkan faktor yang berasal dari dalam diri remaja diantaranya religiusitas dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas, konsep diri, keintiman keluarga dengan prilaku seksual pranikah pada mahasiswa kebidanan Poltekkes Bhakti Mulia. Subyek dan Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan 60 mahasiswa Program Studi D III Kebidanan dengan teknik pengambilan sampel: simple random sampling. Variabel Independent terdiri dari religiusitas, konsep diri dan keintiman keluarga. Variabel dependent: perilaku seksual pranikah. Data dianalisis dengan analisis regresi logistik biner. Hasil : Ada hubungan positif yang kuat signifikan antara religiusitas dengan perilaku seksual pranikah, Nilai OR 5,2 (CI 95%= 1,37 – 19,9 dan p = 0,015). Ada hubungan positif yang kuat signifikan antara konsep diri dengan perilaku seksual pranikah, Nilai OR 5,9 (CI 95%= 1,62 – 22,1 dan p=0,007). Ada hubungan positif yang kuat dan signifikan antara keintiman keluarga dengan perilaku seksual pranikah, Nilai OR= 4,8 (CI 95%= 1,04 – 22,4 dan p=0,044). Simpulan : Ada hubungan positif dan secara statistik signifikan antara religiusitas, konsep diri dan keintiman keluarga dengan perilaku seksual pranikah. Kata Kunci : religiusitas, konsep diri, keintiman keluarga, perilaku seksual pranikah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 06:59
    Last Modified: 02 Oct 2015 06:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19992

    Actions (login required)

    View Item