STRATEGI PEMASARAN BUS TINGKAT WISATA WERKUDARA SEBAGAI IKON PARIWISATA KOTA SOLO

RUSTANTIE, CHRISTIE SEPTINA (2015) STRATEGI PEMASARAN BUS TINGKAT WISATA WERKUDARA SEBAGAI IKON PARIWISATA KOTA SOLO. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (115Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana perkembangan transportasi sebagai sarana berwisata di Kota Solo. (2) Bagaimana sistem kerja pihak pengelola dan pengoperasian Bus Tingkat Wisata Werkudara. (3) Bagaimana strategi pemasaran Bus Tingkat Wisata Werkudara Sebagai Ikon Pariwisata Kota Solo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perkembangan transportasi sebagai sarana berwisata di Kota Solo. (2) Untuk mengetahui sistem kerja pihak pengelola dan pengoperasian Bus Tingkat Wisata Werkudara. (3) Untuk strategi pemasaran Bus Tingkat Wisata Werkudara sebagai ikon pariwisata Kota Solo. Di dalam penelitian ini, digunakan tehnik pengumpulan data yang berupa observasi langsung, penyebaran angket kepada wisatawan, wawancara dengan pihak – pihak yang terkait dengan pengelolaan Bus Tingkat Wisata Werkudara yaitu Dinas Perhubungan Kota Solo, mengumpulkan dokumen – dokumen, dan pustaka. Sumber data yang dapat dilihat serta diketahui hal – hal mengenai bus tingkat reguler yang diadakan oleh Perum Damri di Kota Solo sebagai alat transportasi umum pada tahun 1983 – 2004, macam – macam transportasi yang ada di Kota Solo, dan transportasi khusus wisata seperti salah satunya Bus Tingkat Wisata Werkudara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal : (1) Sesuai dengan latar belakang dari pengadaan Bus Tingkat Wisata Werkudara yang bertujuan untuk menarik banyak wisatawan dan peran Bus Tingkat Wisata Werkudara sebagai salah satu alat transportasi wisata khusus yang unik dan hanya ada di Kota Solo, serta digunakan sebagai ikon pariwisata di Kota Solo. (2) Sudah banyak cara yang dilakukan pihak pengelola Bus Tingkat Wisata Werkudara secara tidak langsung mempublikasikan atau mempromosikan informasi tentang keberadaan Bus Tingkat Wisata Werkudara sebagai alat transportasi khusus wisata, antara lain : promosi melalui Link, media elektronik, maupun melalui event nasional. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Bus Tingkat Wisata Werkudara mempunyai peran dan potensi wisata yang patut dikembangkan menjadi alat transportasi khusus wisata yang unik karena hanya ada di Kota Solo serta layak untuk dijadikan ikon wisata di Kota Solo. Kata Kunci : Transportasi, Pariwisata, Pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 06:52
    Last Modified: 02 Oct 2015 06:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19991

    Actions (login required)

    View Item