ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN PELAPORAN KEUANGAN DAN KEBERLANJUTAN MELALUI SITUS WEB PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS KOMPAS100

NUGROHO, CHRISTANTO CAHYO (2015) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN PELAPORAN KEUANGAN DAN KEBERLANJUTAN MELALUI SITUS WEB PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS KOMPAS100. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (70Kb) | Preview

    Abstract

    Penggunaan media internet sebagai salah satu bentuk komunikasi massa berkembang semakin pesat dewasa ini. Fleksibilitas dan akses yang tak terbatas menjadi alasan mengapa semakin banyak orang yang menggunakan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, ukuran auditor, dan usia listing saham dalam membentuk laporan keuangan dan laporan berkelanjutan yang dipublikasikan melalui situs web perusahaan (IFSR). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan kriteria tertentu pada perusahaan yang termasuk dalam indek Kompas100 di Bursa Efek Indonesia periode 2013. Dari 78 sampel yang diteliti, ditemukan 14 perusahaan tidak menampilkan pengungkapan laporan keuangan dan keberlanjutan yang memadai (No information), 31 perusahaan menampilkan dengan indeks rendah (low index), dan 33 perusahaan menampilkan pengungkapan dengan nilai indeks tinggi (high index). Variabel-variabel yang digunakan dapat menjelaskan laporan keuangan dan laporan berkelanjutan yang dipublikasikan melalui situs web perusahaan sebesar 30,4%. Pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis multivariate menggunakan regresi logistik ordinal (ordinal logistic regression). Berdasarkan hasil uji Wald diperoleh hasil bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap indeks IFSR perusahaan, sedangkan, struktur kepemilikan, ukuran auditor, dan usia listing tidak berpengaruh terhadap indeks IFSR perusahaan. Kata Kunci: pelaporan keuangan, pegungkapan sukarela, laporan berkelanjutan, media internet, ordinal logistic regression.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 06:47
    Last Modified: 02 Oct 2015 06:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19990

    Actions (login required)

    View Item