PENINGKATANKETERAMPILAN MENULIS CERITA ANAK MELALUIMETODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 01 KUTOKERJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

KUSUMAWATI, CHATARINA LIA (2015) PENINGKATANKETERAMPILAN MENULIS CERITA ANAK MELALUIMETODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IVSD NEGERI 01 KUTOKERJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (95Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita anak melalui penggunaan metode pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto Kerjo Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Penelitianini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Kuto tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa kelas IV, hasil pengamatan proses dan data pembelajaran menulis cerita anak dengan menggunakan metode picture and picture, serta dokumen-dokumen resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita anak. Terlihat peningkatan nilai rata-rata kelas pada pratindakan adalah 70,47, siklus I sebesar 75,52, dan siklus II meningkat menjadi 76,52. Ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 56,53%, siklus I sebesar 82,60%, dan siklus II meningkat menjadi 91,30%. Simpulan penelitian ini adalah metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita anak di kelas IV SD Negeri 01 Kuto kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 06:29
    Last Modified: 02 Oct 2015 06:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19985

    Actions (login required)

    View Item