PEMANFAATAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PENENTUAN PENJURUSAN SISWA SMA

PURNAMANINGSIH, CHANDRA (2015) PEMANFAATAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PENENTUAN PENJURUSAN SISWA SMA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (604Kb) | Preview

    Abstract

    Penentuan penjurusan siswa SMA dilakukan berdasarkan kriteria nilai akademik yang menjadi ciri dari masing-masing jurusan IPA/IPS, hal ini memungkinkan bagi seorang siswa untuk memenuhi kriteria diterima di kedua jurusan atau ditolak di keduanya. Usaha untuk mengurangi kemungkinan tersebut adalah dengan cara memperhatikan pertimbangan kriteria lainnya seperti ditinjau dari nilai IQ dan minat siswa. Proses penentuan penjurusan siswa SMA dengan teknik clustering menggunakan metode K-Means clustering. Pada penelitian ini dilakukan clustering sendiri-sendiri untuk IPA/IPS dan dipaparkan perbandingan hasil clustering K-Means kriteria nilai akademik, nilai IQ, minat siswa dengan clustering K-Means nilai akademik. Data siswa dikelompokkan sendiri-sendiri sesuai jurusan masing-masing. Jurusan IPA dikelompokkan menjadi dua yaitu diterima IPA dan ditolak IPA. Untuk jurusan IPS dikelompokkan menjadi dua yaitu diterima IPS dan ditolak IPS. Kemudian setiap cluster diklasifikasikan berdasarkan kriteria mana yang lebih diprioritaskan. Cluster dengan nilai terbesar pada centroid akhir merupakan cluster yang diterima IPA/IPS, sedangkan cluster dengan nilai terkecil pada centroid akhir merupakan cluster yang ditolak IPA/IPS. Hasil penelitian pengujian terbaik pada praprocessing clustering K-Means IPA dengan hasil akurasi 0.905882, tingkat kesesuaian hasil prediksi dengan data sebenarnya (recall) 1, ketepatan hasil pengujian dalam memprediksi clustering (sensitivity) 0.876923, kesesuaian prediksi negatif terhadap aktual negatif (specificity) 0.714285. Sedangkan pengujian terbaik juga pada praprocessing clustering K-Means IPS didapatkan akurasi 0.905882, recall 0.714285, sensitivity 1, dan specificity 1. Hasil perbandingan clustering terbaik pada praprocessing clustering K-Means IPA dengan praprocessing clustering K-Means IPS menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang diterima di dua jurusan IPA/IPS atau siswa ditolak di keduanya. Kata Kunci: Centroid, Clustering, IPA, IPS, K-Means ,Penjurusan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 06:19
    Last Modified: 02 Oct 2015 06:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19983

    Actions (login required)

    View Item