PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMIKIRAN SOEKARNO

WULANDARI, CESILIA DEA AFIFAH (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMIKIRAN SOEKARNO. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (47Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai-nilai nasionalisme dalam pemikiran Soekarno menurut perspektif SMA Bung Karno, (2) strategi guru dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme di SMA Bung Karno, (3) pendapat siswa terhadap penanaman nilai-nilai nasionalisme di SMA Bung Karno, (4) kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme di SMA Bung Karno. Penelitian ini dilakukan di SMA Bung Karno Karanganyar Karangpandan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan atau narasumber, tempat aktifitas dalam pembelajaran, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-depthinterviewing), observasi langsung, dan analisis dokumen (content analysis) dengan menggunakan teknik purposive sampling.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) nilai-nilai nasionalisme dalam pemikiran Soekarno menurut perspektif SMA Bung Karno berupa sikap nasionalisme yang berperikemanusiaan atau memanusiakan manusia, cinta tanah air, menghargai pluralisme, tidak membedakan ras dan agama, adanya rasa kebersamaan sebangsa dan setanah air, menjaga persatuan, saling menghormati, dan menghargai. (2) strategi guru dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran dikelas untuk Kurikulum KTSP dalam materi sejarah dan kurikulum khusus SMA Bung Karno dalam materi Sejarah Perjuangan bung Karno dan Nasionalisme Pancasila; dan melalui budaya sekolah. (3) pendapat peserta didik terhadap penanaman nilai-nilai nasionalisme di SMA Bung Karno yaitu memperoleh manfaat dan perubahan sikap menjadi lebih baik yang mengarah pada pembentukan karakter. (4) kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme di SMA Bung Karno adalah input dari peserta didik berupa kemampuan akademik yang standar dan peserta didik yang nakal pindahan dari sekolah lain, pergaulan peserta didik diluar lingkungan sekolah, dan malas membaca. Kata Kunci: Nilai-nilai nasionalisme Soekarno, pembelajaran sejarah, karakter, SMA Bung Karno

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 06:14
    Last Modified: 02 Oct 2015 06:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19982

    Actions (login required)

    View Item