PEMANFAATAN MEDIA TRAINER SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIP SISWA KELAS X TEKNIK OTOMOTIP A SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN 2O13/2014

JATMIKO, CATUR (2015) PEMANFAATAN MEDIA TRAINER SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIP SISWA KELAS X TEKNIK OTOMOTIP A SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN 2O13/2014. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (452Kb) | Preview

    Abstract

    Prestasi belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif pada kompetensi dasar mengidentifikasi sistem kelistrikan pada kendaraan masih rendah, sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Survei yang dilakukan menunjukkan bahwa rendahnya prestasi belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif pada siswa dipengaruhi oleh rendahnya motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan memanfaatkan fasilitas seadanya, pembelajaran berpusat pada guru. Peneliti berusaha meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memanfaatkan media trainer sistem kelistrikan Otomotif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari : 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; 4) refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, pengamatan dan wawancara. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Aktivitas pembelajaran teknik listrik dasar otomotif meningkat. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat sebesar 2,35 atau 47%, pada tahap pra siklus skor rata-rata aktivitas siswa 2,00 atau 40,00%, pada siklus-2 skor rata-rata aktivitas 4,35 siswa atau 87,00%. Aktivitas guru juga meningkat, aktivitas guru dalam pembelajaran meningkat sebesar 1,50 atau 37,50%, pada tahap pra siklus skor rata-rata aktivitas guru 2,13 atau 53,25%, pada siklus-2 skor rata-rata aktivitas guru 3,63 atau 90,75%; 2) Motivasi belajar siswa meningkat 72,37 atau 45,23%, pada tahap pra siklus skor rata-rata motivasi belajar siswa 68,16 atau 42,60%, pada siklus-2 skor rata-rata motivasi belajar siswa 140,53 atau 87,83%; 3) Prestasi belajar siswa meningkat 21,16 atau 21,16%, pada tahap pra siklus skor rata-rata prestasi belajar siswa 64,47 atau 64,47%, pada siklus-2 skor rata-rata prestasi belajar siswa 85,63 atau 85,63%. Kesimpulan media trainer sistem kelistrikan otomotif dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, motivasi dan prestasi belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif siswa kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 5 Surakarta tahun 2013/2014.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 06:02
    Last Modified: 02 Oct 2015 06:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19980

    Actions (login required)

    View Item