EFEKTIVITAS THE 5E LEARNING CYCLE MODEL DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS ICT (INFORMATION & COMMUNICATION TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN CHASSIS OTOMOTIF

NUGROHO, CAHYO AJI (2015) EFEKTIVITAS THE 5E LEARNING CYCLE MODEL DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS ICT (INFORMATION & COMMUNICATION TECHNOLOGY) DALAM PEMBELAJARAN CHASSIS OTOMOTIF. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (91Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penerapan model siklus pembelajaran 5e dengan pendekatan inkuiri berbasis ICT terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XII SMK Pancasila tahun pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran chassis otomotif. Sesuai tujuan penelitian tersebut metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Eksperimental Research). Desain penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental Design with Pretest-Posttest and Control Group. Total populasi adalah 120 siswa yang berasal dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Mengambil dua kelas secara acak, menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model siklus pembelajaran 5e dengan pendekatan inkuiri berbasis ICT, kelas kontrol menggunakan model ceramah berbasis ICT. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji - t (t-test for independent sample). Analisis data dilakukan terhadap hasil pre-test dan post-test dari kedua kelas. Nilai post-test dari kedua kelas melalui hasil perhitungan uji – t, diperoleh nilai to = 3,73. Nilai tt dengan derajad kebebasan 48 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh tt = 2,00. Diketahui bahwa nilai to = 3,73 lebih tinggi dari tt = 2,00 (to > tt). Oleh karena itu, ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Keaktifan siswa selama proses pembelajaran melalui hasil pengamatan observer menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan model siklus pembelajaran 5e dengan pendekatan inkuiri berbasis ICT menunjukkan tingkat keaktifan yang lebih baik selama proses pembelajaran dibanding kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa the 5e learning cycle model dengan pendekatan inkuiri berbasis ICT (information & communication technology) efektif terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XII SMK Pancasila tahun pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran chassis otomotif. Kata kunci: model siklus pembelajaran 5e, pendekatan inkuiri, chassis otomotif, hasil belajar, keaktifan siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 02 Oct 2015 05:21
    Last Modified: 02 Oct 2015 05:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19973

    Actions (login required)

    View Item