PROJECTED STILL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SARASWATI GROGOL SUKOHARJO

Mahyani, Rokhima Esti (2014) PROJECTED STILL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SARASWATI GROGOL SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (467Kb) | Preview

    Abstract

    Rokhima Esti Mahyani, C9611017, 2014. Projected Still Media sebagai Media Pembelajaran Bahasa Mandarin di Sekolah Menengah Kejuruan Saraswati Grogol Sukoharjo, Program Diploma III Bahasa China, Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Projected Still Media media pembelajaran bahasa Mandarin serta pengaruh penggunaan Projected Still Media sebagai sarana atau media pembelajaran bahasa Mandarin di Sekolah Menengah Kejuruan Saraswati Grogol Sukoharjo. Metode yang digunakan penulis dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah wawancara, penelitian tindakan kelas atau observasi dan studi pustaka. Hasil laporan ini dilakukan empat kelas, ada dua kelas yang menggunakan Projected Still Media yaitu kelas Administrasi perkantoran dan Teknik Komputer Jaringan dan dua kelas yaitu kelas Akutansi dan Pemasaran yang tidak menggunakan Projected Still Media sebagai sarana pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut bahwa penerapan Projected Still Media sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin sangatlah membantu siswa dalam memahami materi, penerapannya jiga sangat maksimal, disamping itu ada pengaruh yang didapat dalam penggunaan Projected Still Media sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin yang dapat dilihat dari hasil nilai masing-masing kelas yaitu dua kelas yang menggunakan Projected Still Media adalah kelas Adminisrasi perkantoran memperoleh nilai rata-rata 7.7 dan Tenik Komputer Jaringan memperoleh nilai rata-rata 7.4, sedangkan dua kelas yaitu Kelas Akutansi memperoleh nilai rata- rata 7.0 dan kelas Pemasaran memperoleh nilai rata-rata 7.1. Dari hasil nilai tersebut dapat dilihat bahwa yang menggunakan Projected Still Media yaitu kelas Administrasi Perkantoran dan Teknik Komputer jaringan dubandingkan dengan dua kelas yang tidak menggunakan Projected Still Media sebagai sarana pembelajaran, dengan demikian penggunaan Projected Still Media sebagai sarana pembelajaran sangat mendukung proses belajar mengajar hal ini diketahui bahwa ada pengaruh yang menggunakan Projected Still Media sebagai sarana pembelajaran dan yang tidak menggunakan Projected Still Media sebagai sarana pembelajaran. Kata kunci:Projected Still Media Sarana pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 02 Oct 2015 00:03
    Last Modified: 02 Oct 2015 00:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19960

    Actions (login required)

    View Item