PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nagrini, Rr. Putri G. (2014) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (638Kb) | Preview

    Abstract

    Rr. Putri Gelar Nagrini. K4310073. PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. April 2014 Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Guided Discovery berbasis lingkungan terhadap berfikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian Postest Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo sebanyak enam kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Terdapat dua kelas sampel penelitian, didapatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu X IPA 1 dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu X IPA 2. Kelas eksperimen menggunakan Guided Discovery berbasis lingkungan dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah,diskusi, presentasi). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes meliputi soal uraian kemampuan berfikir kreatif sedangkan metode non tes meliputi metode observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis untuk kemampuan berpikir kreatif menunjukkan bahwa sig.< 0,05 yaitu 0,004 dan t hitung> t tabel yaitu 3,009<2,007 sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil pembahasan pada penelitian ini, kesimpulannya adalah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif biologi siswa antara model pembelajaran Guided Discovery berbasis lingkungan dengan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah,diskusi, presentasi) di kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo. Kata Kunci: Guided Discovery, Lingkungan, Berpikir Kreatif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 23:41
    Last Modified: 01 Oct 2015 23:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19959

    Actions (login required)

    View Item