MODEL KELEMBAGAAN MASYARAKAT SEBAGAI PEMENUHAN HAK KESEJAHTERAAN WARGA MISKIN DI PEDESAAN (Studi di Desa Ngaglik Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali)

Romdhoni , Rohmat (2014) MODEL KELEMBAGAAN MASYARAKAT SEBAGAI PEMENUHAN HAK KESEJAHTERAAN WARGA MISKIN DI PEDESAAN (Studi di Desa Ngaglik Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (727Kb) | Preview

    Abstract

    Rohmat Romdhoni. MODEL KELEMBAGAAN MASYARAKAT SEBAGAI PEMENUHAN HAK KESEJAHTERAAN WARGA MISKIN DI PEDESAAN. (Studi analisis di Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali). Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 18 agustus 2014 Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana bentuk pemenuhan hak kesejahteraan warga miskin di pedesaan dan model kelembagaan masyarakat yang dapat memenuhi hak kesejahteraan warga miskin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian di laksanakan pada periode tertentu yaitu dimulai pada bulan Mei tahun 2012 sampai dengan Juni 2014. Sumber data yang di gunakan adalah informan yang dianggap mengetahui permasalah yang di teliti, dokumen, dan arsip. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara (interview), observasi, dan analisis dokumen. Validitas data di lakukan dengan cara trianggulasi data. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) tahap persiapan (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap analisis data (4) dan tahap penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pemenuhan hak kesejahteraan meliputi aspek kesehatan, pendidikan, makan, da rumah. (2) Model kelembagaan yang berfungsi dalam pemenuhan kesejahteraan warga miskin antara lain BPD, LKMD, PKK, Karang Taruna, Yasinan Bapak-Bapak Dan Ibu-Ibu, Arisan Warga, Dan Jimpitan. (3) Terjadi peningkatan dalam pemenuhan kesejahteraan masyarakat melalui lembaga masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 23:41
    Last Modified: 01 Oct 2015 23:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19958

    Actions (login required)

    View Item