GREEN CAMPUS’ UNS SOLO (Studi Deskriptif tentang Sosialisasi Program “Green Campus” di Universitas Sebelas Maret Surakarta 2013-2014)

Hayati, Rofika Nur (2015) GREEN CAMPUS’ UNS SOLO (Studi Deskriptif tentang Sosialisasi Program “Green Campus” di Universitas Sebelas Maret Surakarta 2013-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (587Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ROFIKA NUR HAYATI. D 0206020. ‘GREEN CAMPUS’ UNS SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Sosialiasi Program “Green Campus” di Universitas Sebelas Maret Surakarta 2013-2014). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) Surakarta. 2014. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS SOLO) mulai mencanangkan dan melaksanakan program Green Campus. Program Green Campus ini adalah perwujudan tanggung jawab sosial dari instansi akademika sebagai bentuk gerakan perlindungan alam yang diharapakan pada nantinya terpublikasi kepada masyarakat luas. Meskipun program ini telah dimulai 2013 lalu, namun diduga masih belum sepenuhnya diketahui dan diimplementasikan para civitas akademika dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini diketahui dari ketidakmerataan informasi tentang program Green Campus di banyak civitas akademika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai sosialiasi program Green Campus UNS SOLO melalui perspektif Tim Green Campus UNS sebagai communicator, relationship, back up management dan image maker. Penelitian ini diharapkan akan membantu kerja Rektor beserta jajarannya untuk melihat sejauh mana sosialisasi program Green Campus di Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memaparkan tentang bagaimana sosialisasi program ‘Green Campus’ UNS SOLO yang ditunjukkan melalui kegiatan sosialisasi di Universitas Sebelas Maret selama tahun 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumen. Sumber data dipililh berdasarkan teknik purposive sampling, yaitu memilih sumber data yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk dijadikan sumber data sesuai dengan topik penelitian. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) UNS, Ketua Program Green Campus UNS, dosen UNS, staf pendidikan UNS, dan mahasiswa UNS. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di UNS, dapat disimpulkan bahwa Tim Green Campus UNS memiliki peran penting dalam sosialisasi program Green Campus di UNS. Hasil analisis berdasarkan tindakan, usaha dan kampanye program Green Campus yang dilakukan oleh Tim Green Campus UNS sebagai Communicator, Relationship, Back-up management dan Image maker dalam sosialisasi program Green Campus di Universitas Sebelas Maret Surakarta selama 2013-2014 menunjukkan demikian. Kata Kunci: sosialisasi, green campus, UNS SOLO

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 22:42
    Last Modified: 01 Oct 2015 22:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19953

    Actions (login required)

    View Item