MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI MALANGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Yuningtyas, Roesiana (2015) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI MALANGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (381Kb) | Preview

    Abstract

    Roesiana Yuningtyas. MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI MALANGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak kelompok B TK Pertiwi Malangan dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Pertiwi Malangan yang berjumlah 28 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Metode. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak kelompok B TK Pertiwi Malangan dari prasiklus ke siklus I, dari siklus I ke siklus II. Penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tergolong masih rendah terbukti dari aktivitas anak pada proses pembelajaran Bahasa Inggris masih kurang antusias dan masih selalu dibimbing guru. Prosentase penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak pada prasiklus adalah 35,7% atau 10 anak yang mencapai kriteria tuntas. Peningkatan terjadi pada siklus I prosentase penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak adalah 60,7% atau 17 anak yang mencapai nilai tuntas. Dilanjutkan ke siklus II prosentase penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak adalah 85,7% atau 24 anak yang mencapai nilai tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui metode bercerita dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada anak kelompok B TK Pertiwi Malangan Tahun Ajaran 2013 / 2014. Kata kunci : Metode Bercerita, Kosakata Bahasa Inggris

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 22:16
    Last Modified: 01 Oct 2015 22:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19944

    Actions (login required)

    View Item