PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS XI-IPS TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Studi Eksperimen di SMA Negeri Kecamatan Pati, Kabupaten Pati)

Andayani, Sri (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS XI-IPS TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Studi Eksperimen di SMA Negeri Kecamatan Pati, Kabupaten Pati). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1166Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran GI dan STAD terhadap prestasi belajar sejarah di SMA N Kecamatan Pati Kabupaten Pati, 2) Perbedaan pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah di SMA Negeri Kecamatan Pati Kabupaten Pati. 3) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah di SMA Negeri Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N di KecamatanPati, Kabupaten Pati Tahun ajaran 2013-2014. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 1 SMA N 2 Pati dan siswa kelas XI- IPS 1 SMA N 3 Pati. Teknik pengambilan sampel dengan multi stage cluster random sampling dengan tahapan: 1) dari semua SMAN di Kecamatan Pati Kabupaten Pati diperoleh secara random 2 sekolah SMAN yaitu SMA N 2 Pati dan SMA N 3 Pati. 2)dari 2 SMAN tersebut masing-masing diperoleh secara random kelas XI-IPS. 3) dari 2 kelas tersebut diperoleh secara random kelas XI-IPS 1 SMA N 2 Pati dan XI-IPS 1 SMA N 3 Pati.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Data yang diperoleh khususnya mengenai data penerapan metode GI dan STAD, kreativitas siswa dan prestasi belajar sejarah kemudian dianalisis dengan menggunakan anava dua jalan. Hasil perhitungan bahwa prestasi belajar sejarah dengan menggunakan metode GI diperoleh rata-rata 81,29 lebih tinggi dibandingkan dengan metode STAD dengan rata-rata 72,03 dan hasil uji anava diperoleh nilai F hitung (11,879) > F tabel (3,15). Siswa yang memiliki kreativitas tinggi, nilai rata-rata prestasi 80,63 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah yaitu 73,06 dan hasil uji anava diperoleh nilai F hitung9,502> F tabel (3,15). Hasil uji anava diperoleh nilai F hitung (1,695) < F tabel (3,15). Sehingga dapat disimpulkan:1) Ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran GI dan STAD, terhadap prestasi belajar sejarah di SMA N Kecamatan Pati Kabupaten Pati, 2) Ada perbedaan pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah di SMA Negeri Kecamatan Pati Kabupaten Pati, 3) Tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah di SMA Negeri Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Kata kunci: Metode GI, Kreativitas, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 22:06
    Last Modified: 01 Oct 2015 22:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19943

    Actions (login required)

    View Item