UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SOJOKERTO LEKSONO WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Murniati, Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SOJOKERTO LEKSONO WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (99Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari cepat melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sojokerto Leksono Wonosobo tahun pelajaran 2013 /2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sojokerto Leksono Wonosobo, yang berjumlah 14 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, pembelajaran dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif prosentase dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model sepiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dalam pembelajaran gerak dasar lari cepat dapat meningkatkat hasil belajar gerak dasar lari cepat dari pra siklus ke silkus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pra siklus tanpa pendekatan bermain sebagai metode dalam pembelajaran. Antusiasme dan perhatian siswa rendah, sehingga siswa yang tuntas belajar hanya 5 orang siswa (35,71%). Peningkatan terjadi pada siklus I walaupun belum optimal yaitu 7 orang siswa (50%). Pelaksanaan siklus II menyebabkan aktifitas pembelajaran siswa lebih baik dan hasil belajar siswa meningkat tinggi yaitu 13 siswa (92,85%) mencapai kriteria ketuntasan. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan bermain dalam pembelajaran gerak dasar lari cepat bisa menjadi proses pembelajaran lebih berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan bermain sebagai metode dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari cepat siswa kelas IV SD Negeri 1 Sojokerto Leksono Wonosobo tahun pelajaran 2013 / 2014. Kata kunci: hasil belajar, gerak dasar lari cepat, bermain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 21:22
    Last Modified: 01 Oct 2015 21:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19934

    Actions (login required)

    View Item