PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDIT MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR GUMPANG KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rahayu, Sri (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDIT MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR GUMPANG KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (593Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran matematika realistik yaitu pembelajaran yang menghargai kebebasan anak untuk berekspresi. Hal ini akan mengembangkan kepribadian anak, merangsang kreatifitas anak, dan membangun kepercayaan diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan perencanaan pembelajaran Matematika Realistik di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang, Kartasura; (2) pelaksanaan pembelajaran Matematika Realistik di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang, Kartasura (3) hasil yang dicapai pelaksanaan pembelajaran Matematika Realistik di SDIT Muhammadiyah AlKautsar Gumpang, Kartasura; dan (4) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika Realistik di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang, Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitianmenunjukkan: 1)Dalam penyusunan perencanaan pembelajaran Matematika Realistik di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang, Kartasura, guru mempersiapka RPP dansumber belajar yang terdiri dari buku teks dan lain-lain. 2) pelaksanaan pembelajaran Matematika Realistik di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang, Kartasura meliputi tahapan: a) kegiatan awal, b) kegiatan inti, dan c) kegiatan akhir atau penutup.3) Pembelajaran dengan menggunakan metode Matematika Realistik mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir kritis, kreatif dan mandiri dalam belajar. Peningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa ditunjukkan dengan kemampuan siswa untuk memilih ide-ide atau gagasan, mampu mengkajinya dan mengembangkannya serta menyimpulkannya dengan bahasa mereka sendiri. Peningkatkan kemampuan kreatif siswa yang bisa dilihat dari kemampuan siswa yang memiliki pemahaman baru tentang materi yang dibahas. Peningkatan berfikir mandiri siswa ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam mengambil pilihan serta keputusan sendiri dengan disertai rasa tanggung jawab. 4) Faktor penghambat pembelajaran Matematika Realistik pada mata Pelajaran Matematika kelas IV di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang adalah karena pola pikir siswa yang terbiasa hanya menerima informasi dari guru dan karena adanya siswa yang hanya mampu belajar dengan efektif ketika dalam kondisi suasana yang tenang tanpa adanya keramaian dalam kelas. Kata Kunci: Pelaksanaan, pembelajaran Matematika, dan Matematika Realisti

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 21:06
    Last Modified: 01 Oct 2015 21:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19931

    Actions (login required)

    View Item