ANALISIS PENGARUH PUBLIC RELATION PADA NIAT BERKUNJUNG (Studi Pada Solo Grand Mall)

Rahayu, Sri (2015) ANALISIS PENGARUH PUBLIC RELATION PADA NIAT BERKUNJUNG (Studi Pada Solo Grand Mall). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (177Kb) | Preview

    Abstract

    Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang pusat perbelanjaan dalam konsep mall seperti mall-mall yang ada di kota Solo. PT. Bengawan Inti Kharisma (Solo Grand Mall) adalah salah satu mall yang ada di kota Solo. Solo Grand Mall adalah pusat perdagangan yang menggabungkan antara mall dan pusat perdagangan (penyewa /tenant). Solo Grand Mall harus mengetahui apakah public relation dapat mempengaruhi konsumen untuk berkunjung ke Solo Grand Mall. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh public relation pada niat berkunjung ke Solo Grand Mall. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yaitu sebagian mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS yang sudah pernah melihat informasi tentang Solo Grand Mall di media. Data hasil penelitian yang telah diperoleh melalui penyebaran kuesioner kemudian dianalisis: uji validitas, uji reliabilitas. Penelitian ini menguji variabel persepsi public relation pada niat berkunjung. Pengujian menggunakan aplikasi SPSS yang menunjukkan bahwa variabel independen (public relation) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (niat berkunjung). Hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen dapat dilakukan melalui perantara sebuah media. Media memang sangat dibutuhkan oleh PR untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat secara tidak langsung. Media merupakan sarana bagi PR untuk menyampaikan informasi tentang perusahaan kepada masyarakat (Hanzaee & farsani, 2011). Media dapat membantu PR untuk menciptakan citra positif perusahaan di dalam masyarakat. Informasi dan citra positif tersebut dapat mempengaruhi masyarakat untuk tertarik pada perusahaan sehingga menimbulkan niat untuk berkunjung ke perusahaan. Kata Kunci: Public Relation

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 20:14
    Last Modified: 01 Oct 2015 20:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19927

    Actions (login required)

    View Item