PENINGKATKAN KEMAMPUAN TAKTIL MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HUDA KERTEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahayu, Sri (2015) PENINGKATKAN KEMAMPUAN TAKTIL MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HUDA KERTEN TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (53Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan taktil melalui pengunaan metode eksperimen pada anak kelompok A TK Al-Huda Kerten tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al-Huda Kerten yang berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi. Analisis yang data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan nilai ketuntasan (●) pada kondisi awal yaitu diperoleh 4 anak (23,3%). Pada siklus I menunjukan peningkatan menjadi 9 anak (52,94%) yang mendapat nilai tuntas (●). Pada siklus II meningkat menjadi 15 anak atau (88,23%) yang mendapat nilai tuntas (●). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulan bahwa melalui penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan taktil pada anak kelompok A TK Al-Huda Kerten tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Kemampuan Taktil, Metode Eksperimen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 18:51
    Last Modified: 01 Oct 2015 18:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19916

    Actions (login required)

    View Item