PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TATA BOGA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII E SMP 1 Kudus)

Wahyuni, Sri (2015) PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TATA BOGA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII E SMP 1 Kudus). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (222Kb) | Preview

    Abstract

    Kualitas pembelajaran Tata Boga secara umum dapat dilihat dari perolehan hasil belajar Tata Boga tingkat sekolah dapat ditunjukkan nilai yang diperoleh dari nilai ujian sekolah yang dilaksanakan dari tahun ke tahun. Menurut data sensus nilai ujian sekolah SMP1Kudus pada tahun 2010 dan 2012 adalah, 5,70, 5,67, dan 7,76. Nilai ini kelihatannya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tetapi perlu diingat bahwa nilai pada tahun 2010 dan 2012 tersebut merupakan nilai yang telah diinversi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengutamakan proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan media multimedia. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan subyek sebanyak 32 siswa kelas VII-E SMP 1 Kudus yang dijadikan subyek penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I motivasi belajar a. kemampuan siswa untuk melakukan praktek tata boga memperoleh jumlah skor 593 (19,8%); b. tekun mengerjakan tugas memperoleh jumlah skor 720 (24,0%); c. ulet menghadapi kesulitan memperoleh jumlah skor 583 (19,4%); d. efisiensi waktu yang disediakan untuk menyelesaikan tugas memperoleh jumlah skor 729 (24.3%). Sedangkan pada siklus II motivasi belajar a. kemampuan siswa untuk melakukan praktek tata boga memperoleh jumlah skor 687 (22.9%), meningkat 94 poin; b. tekun mengerjakan tugas memperoleh jumlah skor 757 (25.2%), meningkat 37 poin; c. ulet menghadapi kesulitan memperoleh jumlah skor 716 (23.9%), meningkat 133 poin; d. efisiensi waktu yang disediakan untuk menyelesaikan tugas memperoleh jumlah skor 839 (28.0%), meningkat 110 poin. Pada hasil belajar siswa pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 78,71 menjadi 86,74 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 62,5% pada siklus I menjadi 90,4% pada siklus II dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 76. Kata kunci : Multimedia, Motivasi dan Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 16:17
    Last Modified: 01 Oct 2015 16:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19915

    Actions (login required)

    View Item