PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 3 KEDUNGREJO PURWODADI

Soelastri, Sri (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 3 KEDUNGREJO PURWODADI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (214Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara dengan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V, (2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dengan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V, (3) Evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara dengan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V, (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dengan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V, dan (5) Hasil yang dicapai dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN 3 Kedungrejo Purwodadi. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan persiapan yang matang. Guru mempersiapkan RPP dan silabus diawal tahun akaran baru. Guru mempersiapkan media gambar yang akan digunakan sesuai dengan materi yang akan diajarkan, (2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara diawali dengan pemberian gambar kepada siswa untuk dipelajari. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi sehingga guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Guru menata ruang kelas dan menggunakan sumber belajar dari buku paket dan internet. Keberadaan media gambar mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan secara oral baik secara individu maupun kelompok. Penilaian secara kelompok dilakukan saat siswa berdiskusi dan penilaian secara individu dilakukan saat siswa bercerita tentang gambar. Aspek yang dinilai antara lain ketepatan ucapan, pemilihan kata, ketepatan penggunaan kalimat serta tata bahasanya, penguasan topik, gerak dan mimik dan kelancaran berbicara. (4) Faktor pendukung dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan media gambar antara lain (a) antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, (b) kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran (c) dukungan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu daya serap siswa pada saat pembelajaran dan kurangnya waktu yang digunakan dalam pembelajaran. (5) Hasil yang dicapai dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, media gambar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, hasil

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 16:06
    Last Modified: 01 Oct 2015 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19913

    Actions (login required)

    View Item