HUBUNGAN METAKOGNITIF, KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN DENGAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus pada Kedokteran Keluarga angkatan 2009 Fakultas Kedokteran UPN ―Veteran‖ Jakarta)

Wahyuningsih, Sri (2015) HUBUNGAN METAKOGNITIF, KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN DENGAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus pada Kedokteran Keluarga angkatan 2009 Fakultas Kedokteran UPN ―Veteran‖ Jakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (515Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Prestasi belajar merupakan indikator penting keberhasilan mahasiswa dalam proses belajar. Metakognitif, kemampuan belajar mandiri, motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen merupakan faktor yang menentukan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan metakognitif, kemampuan belajar mandiri, motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dengan prestasi mahasiswa. Subjek dan Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 109 mahasiswa dengan teknik sampel jenuh dengan populasi mahasiswa tingkat 4 FK UPN ―Veteran‖ Jakarta. Variabel independent terdiri dari metakognitif, kemampuan belajar mandiri, motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen. Variabel dependen adalah prestasi belajar. Analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil : ada hubungan antara metakognitif, kemampuan belajar mandiri, motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Variabel yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar adalah persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen. Kata kunci : Metakognitif, Kemampuan Belajar Mandiri, Motivasi Belajar, Persepsi Mahasiswa tentang Kompetensi Dosen, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 16:01
    Last Modified: 01 Oct 2015 16:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19912

    Actions (login required)

    View Item