UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BAGI SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI KEMASAN I KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Winarni, Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BAGI SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI KEMASAN I KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kemasan I kecamatan Serengan Kota Surakarta melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Bentuk penelitian dalam tesis ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kemasan I yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif, yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kreativitas dengan hasil siklus I nilai rata-rata 72,56 pada siklus II menjadi 84,71 dan hasil belajar IPA nilai rata-rata siswa pada tindakan adalah 61,95 dan siswa tuntas sebanyak 12 siswa atau 33,33%. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan nilai rata-rata siswa yaitu 65,55 dan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 50%. Penelitian dilanjutkan lagi pada siklus II, hasil belajar IPA lebih meningkat lagi yaitu diperoleh nilai rata-rata siswa 77,71 dan siswa yang tuntas menjadi 32 siswa atau 88,88%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kemasan I Kecamatan Serengan Kota Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : Kreativitas, hasil belajar IPA, TGT

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 15:44
    Last Modified: 01 Oct 2015 15:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19909

    Actions (login required)

    View Item