HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR KKPI SISWA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 2 SRAGEN

Widowati, Sri (2015) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR KKPI SISWA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 2 SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (605Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar ketrampilan dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2010/2011 ?, 2) Apakah ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar ketrampilan dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2010/2011 ?, 3) Apakah ada hubungan antara partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan prestasi belajar ketrampilan dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2010/2011 ?, 4) Apakah ada hubungan antara disiplin belajar, lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam pembelajaran secara bersama-sama dengan prestasi belajar ketrampilan dan pengelolaan informasi (KKPI) siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2010/2011 ? Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sragen menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 118 siswa, sampel penelitian diambil secara proporsional cluster random sampling sebanyak 50 siswa. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk angket dan test;. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi ganda dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Berdasarkan hasil analisis menyimpulkan bahwa : 1) ada hubungan positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2 Sragen besar rhitung 0,638 pada kategori hubungan sedang, nilai ρ (0,000)<α (0,05) pada taraf signifikansi 5%), 2) ada hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2 Sragen besar r hitung 0,638 pada kategori hubungan sedang, nilai ρ (0,000)<α (0,05), 3) ada hubungan positif antara partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2 Sragen besar rhitung 0,638 pada kategori hubungan sedang, nilai ρ (0,000)<α (0,05), 4) ada hubungan antara disiplin belajar, lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan prestasi belajar mata pelajaran KKPI siswa kelas X program kompetensi teknik konstruksi kayu SMK Negeri 2 Sragen besar rhitung 0,638 pada kategori hubungan sedang, nilai ρ (0,000)<α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian ini menyarankan bahwa guru agar ikut berperan aktif dalam membina disiplin belajar siswa, seperti mengingatkan siswa xvi untuk belajar tepat waktu, selalu mengerjakan tugas yang diberikan. Dalam proses belajar mengajar, guru memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kepada para peneliti yang akan datang hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bila akan mengadakan penelitian yang berkaitan dengan prestasi belajar mata pelajran KKPI, apabila dihubungkan dengan disiplin belajar, lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Kata kunci : disiplin belajar, lingkungan keluarga, partisipasi siswa dalam pembelajaran, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 15:39
    Last Modified: 01 Oct 2015 15:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19908

    Actions (login required)

    View Item