HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2013/2014

Indriastuti, Sri Wening (2015) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (96Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa, (2) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa, (3) Hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar secara bersama-bersama dengan Pretasi Belajar Akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014, sejumlah 70 siswa. Sampel yang diambil adalah seluruh jumlah populasi jadi sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis statistik dengan teknik analisis regresi ganda dengan bantuan Program SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang diperoleh dari variabel pemanfaatan perpustakaan lebih besar dari t tabel, yaitu 3,131 > 1,996. (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari uji t yang diperoleh variabel motivasi belajar lebih besar dari t tabel, yaitu 6,119 > 1,996. (3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar dengan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Hal ini dapat dilihat dari uji F yang diperoleh variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar lebih besar dari F tabel yaitu 37,247 > 3,984. Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan sekolah, motivasi belajar, prestasi belajar akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Oct 2015 15:33
    Last Modified: 01 Oct 2015 15:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19905

    Actions (login required)

    View Item