PENERAPAN MODEL PEER TUTORING DILENGKAPI PREZI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR

Kristian, Piesog Lota Yan (2015) PENERAPAN MODEL PEER TUTORING DILENGKAPI PREZI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (558Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi, (2) apakah ada peningkatan minat belajar Fisika siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPA 3 SMA Negeri Kebakramat Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi, dan wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa sebesar 20 % pada kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar dengan penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian kemampuan kognitif Fisika siswa pada siklus I sebesar 58 %, sedangkan pada siklus II sebesar 78 % dari target ketercapaian sebesar 75 %, (2) Ada peningkatan minat belajar Fisika siswa pada kelas XI IPA 3 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar dengan penerapan model pembelajaran peer tutoring dilengkapi prezi sebesar 45 % untuk hasil observasi. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian minat belajar Fisika siswa pada siklus I sebesar 36 %, sedangkan pada siklus II sebesar 81 % dari target ketercapaian sebesar 75 %. Peningkatan minat belajar Fisika siswa untuk hasil angket sebesar 25 %. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian minat belajar Fisika siswa pada siklus I sebesar 61 %, sedangkan pada siklus II sebesar 86 % dari target ketercapaian sebesar 75 %. Kata kunci: Peer Tutoring, Fisika, Minat Belajar, Kemampuan Kognitif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 15:22
    Last Modified: 01 Oct 2015 15:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19901

    Actions (login required)

    View Item