PENERAPAN MANAJEMEN TATA GRAHA 5R (HOUSEKEEPING) SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DI BAGIAN GUDANG INDUK PT. INKA (PERSERO) MADIUN

Puspitasari, Ervin Putri (2015) PENERAPAN MANAJEMEN TATA GRAHA 5R (HOUSEKEEPING) SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DI BAGIAN GUDANG INDUK PT. INKA (PERSERO) MADIUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3087Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Terwujudnya lingkungan kerja yang aman dan nyaman adalah keuntungan dari penerapan Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping). Gudang Induk PT. INKA (Persero) telah menerapkan Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping), namun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping) di Gudang Induk PT. INKA (Persero). Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui cara penilaian Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping) dan memberi gambaran hasil penilaian Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping) di Bagian Gudang Induk PT. INKA (Persero). Obyek dari penulisan laporan ini adalah menilai Manajemen Tata Graha 5R (Houskeeping) di Gudang Induk PT. INKA (Persero) kemudian dibandingkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu Undangundang No. 1 Tahun 1970, Permenakertrans No. Per.01/MEN/1980, dan Peraturan Menteri Perburuhan No. 7 Tahun 1964. Hasil`: Penilaian Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping) di Bagian Gudang Induk PT. INKA (Persero) dilakukan dengan peninjauan secara langsung dan penentuan nilai (score). Hasil penilaian Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping) di Bagian Gudang Induk PT. INKA (Persero) yaitu level V dengan nilai 87,2. Simpulan : Penilaian Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping) di Bagian Gudang Induk PT. INKA (Persero) didapatkan nilai 87,2 dan termasuk pada level V dengan kriteria penerapan 5R sangat baik. Namun tindakan perbaikan, perawatan, dan kedisiplinan yang sudah dilaksanakan belum maksimal. Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Manajemen Tata Graha 5R (Housekeeping)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 01 Oct 2015 14:52
    Last Modified: 01 Oct 2015 14:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19896

    Actions (login required)

    View Item