MAKNA SIMBOLIK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER JAWA DALAM SÊRAT SAFINGI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENGAJARAN BAHASA JAWA (Sebuah Pendekatan Semiotik)

TAQWDASWINTRANI, ERTRIS BERGAS (2015) MAKNA SIMBOLIK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER JAWA DALAM SÊRAT SAFINGI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENGAJARAN BAHASA JAWA (Sebuah Pendekatan Semiotik). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (358Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (0b) | Preview

      Abstract

      Makna simbol dan pendidikan karakter merupakan dua hal yang mendasar dalam Kebudayaan Jawa. Kedua hal tersebut banyak terkandung di dalam naskah-naskah Jawa. Penelitian ini secara cermat hendak mendeskripsikan simbol-simbol dan nilai-nilai pendidikan karakter Jawa dalam naskah Sêrat Safingi serta relevansinya dengan pengajaran Bahasa Jawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan makna simbol-simbol, nilai pendidikan karakter Jawa, dan relevansi nilai pendidikan karakter Jawa dalam Sêrat Safingi dengan pengajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian content analisys (analisis kandungan isi) sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Sêrat Safingi dan informan yaitu guru Bahasa Jawa. Adapun data yang digunakan adalah pupuh-pupuh dalam Sêrat Safingi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis interaktif, yang memanfaatkan tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol yang terdapat dalam naskah Sêrat Safingi dibagi menjadi tiga bagian yaitu simbol berupa alat-alat yang digunakan seharihari, simbol berupa warna, dan simbol bahasa sastra. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan sebanyak empat belas karakter Jawa yaitu: 1) wicaksana, 2) luhur ing budi, 3) pitados lan mituhu dhumateng Gusti ingkang Maha Kuwaos, 4) teteg ing kapribaden, 5) tresna marang negara, 6) welas asih, 7) unggah-ungguh, 8) tanggung jawab, 9) cerdas, 10) bekti marang wong tuwa, 11) blaka, 12) tan gampang pasrah, 13) tresna marang kulawarga, 14) seneng tetulung. Penelitian ini juga berhasil menyimpulkan bahwa makna simbol dan nilai pendidikan karakter Jawa dalam Sêrat Safingi relevan dengan pengajaran Bahasa Jawa baik pada tingkat SMP maupun SMA. Kata kunci: Safingi, simbol, karakter, pengajaran, Bahasa Jawa.

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Pasca Sarjana
      Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
      Depositing User: Boby Anggit Suryawan
      Date Deposited: 01 Oct 2015 14:47
      Last Modified: 01 Oct 2015 14:47
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19894

      Actions (login required)

      View Item