PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA SMK KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DENGAN PENDEKATAN PAILKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF, MENARIK)

Rohmah, Rif’atur (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA SMK KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DENGAN PENDEKATAN PAILKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF, MENARIK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (451Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Fisika SMK kelas XI materi pokok Listrik Dinamis dengan pendekatan PAILKEM yang memenuhi kriteria baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif didukung data kuantitatif. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Data yang diperoleh berasal dari 2 dosen ahli, 2 mahasiswa sebagai peer reviewer, 2 guru Fisika SMK sebagai reviewer, dan siswa sebagai responden. Pada penelitian ini dilakukan uji coba awal terhadap 10 siswa SMK dan uji coba utama terhadap 30 siswa SMK yang berasal dari SMK Negeri 2 Magetan. Teknik pengumpulan data adalah dari angket dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yakni model interaktif dari Miles dan Huberman. Adapun kuantisasi data dilakukan dengan menjumlah skor setiap aspek. Selanjutnya skor setiap aspek dikategorikan ke dalam lima kriteria yaitu kriteria sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Tahap-tahap dalam penelitian ini yakni: (1) analisis kurikulum; (2) analisis peserta didik; (3) analisis materi; (4) merumuskan tujuan; (5) pembuatan draf buku ajar; (6) validasi; (7) revisi; (8) uji coba awal; (9) uji coba utama. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa buku ajar Fisika yang dikembangkan memenuhi kriteria baik untuk aspek materi, bahasa dan gambar, penyajian, serta kegrafisan. Sedangkan menurut peer reviewer, dan reviewer buku ajar memenuhi kriteria sangat baik. 10 siswa (100 %) pada uji coba awal menyatakan bahwa buku ajar memenuhi kriteria sangat baik. Sedangkan 30 siswa (100 %) pada uji coba utama menyatakan bahwa buku ajar memenuhi kriteria sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah buku ajar Fisika SMK kelas XI materi pokok Listrik Dinamis dengan pendekatan PAILKEM yang dikembangkan, minimal telah memenuhi kriteria baik ditinjau dari aspek materi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafisan/tampilan. Kata kunci : buku ajar Fisika, pedekatan PAILKEM, Listrik Dinamis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 01 Oct 2015 14:43
    Last Modified: 01 Oct 2015 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19884

    Actions (login required)

    View Item