PENERAPAN NILAI-NILAI WIRAUSAHA PADA PENGUSAHA INDIECLOTHINGDI SURAKARTA (Implementasi Mata Kuliah Kewirausahaan di BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)

Diana, Okta (2014) PENERAPAN NILAI-NILAI WIRAUSAHA PADA PENGUSAHA INDIECLOTHINGDI SURAKARTA (Implementasi Mata Kuliah Kewirausahaan di BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (372Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai wirausaha pada pengusaha Indie Clothing di Surakarta (2) Untuk menjelaskan gambaran pelaksanaan nilai-nilai wirausaha pada pengusaha Indie Clothingdi Surakarta (3) Untuk mengungkap permasalahan yang muncul serta strategi pemecahan masalah dalam menjalankan bidang usaha Indie Clothing. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi deskripsi ganda terperancang. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data/sumber dan triangulasi metode. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan (1) Nilai-nilai wirausaha pada pengusahaIndie Clothing di Surakarta yaitu antara lain: (a) Melihat Peluang (b) Optimisme (c) Mampu Mengambil Resiko (d) Keorisinilan: Kreativitas dan Inovasi (e) Komitmen (f) Manajemen Proaktif. (2) Pelaksanaan nilai-nilai wirausaha pada pengusaha Indie Clothing di Surakarta antara lain: (a) Produksi (b) Pemasaran (c) Keuangan/ finansial (d) Sumber daya manusia. (3) Permasalahan dan strategi pemecahan masalah dalam menjalankan bidang usaha Indie Clothing, permasalahan yang terjadi dalam menjalankan usaha Indie Clothingantara lain: (a) Keterbatasan modal usaha (b) Adanya kesalahan produksi yang menyebabkan kualitas produk tidak sesuai dengan standar (c) Adanya pegawai yang tidak bertanggung jawab, tidak jujur dan kurang kompeten (d) Adanya kelalaian dalam membelanjakan uang, kurangnya informasi mengenai keuangan yang dimiliki (e) Adanya tim endorsementyang kurang profesional dan pencitraan karakteristik bidang usaha (f) Adanya ancaman dari pihak lain, kurang strategisnya lokasi usaha, minimnya lahan parkir. Langkah dalam pemecahan masalah dalam menjalankan usaha Indie Clothing antara lain: (a) Meminjam modal usaha kepada pihak bank dan menabung (b) melakukan pengontrolan produksi (c) Pendekatan personal terhadap pekerja yang kurang bertanggung jawab, kurang kompeten dan kurang disiplin (d) Mencatat arus finansial/ keuangan serta pengontrolan keuangan baik dalam pembelanjaan kegiatan produksi maupun pribadi (e) Pemasaran dengan menggunakan media online maupun program diskon produk. (f) Mencari lokasi baru yang jauh dari permasalahan, letaknya yang strategis dan tersedianya lahan parkir. Kata kunci : Kewirausahaan, Nilai-nilai Wirausaha, Indie Clothing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 13:41
    Last Modified: 01 Oct 2015 13:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19880

    Actions (login required)

    View Item