PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDN 1 JEPANG MEJOBO KUDUS

Suyoto, Ruh (2014) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDN 1 JEPANG MEJOBO KUDUS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (427Kb) | Preview

    Abstract

    Ruh Suyoto. S811308032. Pengelolaan Pembelajaran Matematika Kelas 5 di SD N 1 Jepang Mejobo Kudus. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran Matematika Kelas 5 di SDN 1 Jepang Mejobo Kudus, (2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika Kelas 5 di SDN 1 Jepang Mejobo Kudus, dan (3) evaluasi pembelajaran Matematika Kelas 5 di SDN 1 Jepang Mejobo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN 1 Jepang Mejobo Kudus. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru SDN 1 Jepang Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Matematika kelas V dilakukan dengan mengacu pada kurikulum 2013. Perencanaan pembelajaran diawali dengan pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pembuatan perangkat pembelajaran dilakukan diawal tahun ajaran baru sebagai panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Silabus dan RPP dibuat secara terintegrasi dengan mata pelajaran lain. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika kelas V dilakukan berdasarkan tema (tematik). Pelaksanaan pembelajaran matematika terdiri dari 3 tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pembelajaran matematika dilakukan secara integrasi dengan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Seni budaya dan prakarya dan penjas orkes. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran PAIKEM. (3) Evaluasi pembelajaran matematika kelas V dilakukan secara menyeluruh yang meliputi 4 kompetensi inti yaitu aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Sikap spiritual berhubungan dengan perilaku keagamaan yang dimiliki siswa, sikap sosial berhubungan dengan interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Dan aspek pengetahuan berhubungan dengan kompetensi siswa terhadap materi pelajaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 13:40
    Last Modified: 01 Oct 2015 13:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19879

    Actions (login required)

    View Item