PENGARUH JANUARY EFFECT TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi pada Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Selama Periode 2013-2014)

Murjasto, Rochmat Edy (2015) PENGARUH JANUARY EFFECT TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi pada Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Selama Periode 2013-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3792Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH JANUARY EFFECT TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi pada Sektor Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia Selama Periode 2013-2014) ROCHMAT EDY MURJASTO F1212061 Anomali pasar saham merupakan salah satu fenomena pasar modal yang hingga kini masih diperdebatkan, sebuah anomali di pasar saham tidak bisa lepas dari behavior para pelaku pasar. Salah satu anomali yang terjadi pada pasar saham adalah January Effect. January Effect terjadi karena dipicu oleh tindakan investor yang menjual saham-saham yang dinilai kurang baik, menghindari pajak hingga mencairkan dana untuk keperluan akhir tahun mereka dan selanjutnya pada bulan Januari para investor menanamkan kembali modal mereka di pasar saham. Para investor mempunyai anggapan saham-saham pada awal tahun mempunyai prospek yang baik, tindakan ini biasa disebut window dressing. Penelitian ini menguji pengaruh Januari Effect terhadap pergerakan harga saham dan volume perdagangan pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Populasi penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 perusahaan yang termasuk dalam kategori Consumer Goods pada tahun 2013-2014 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Aplikasi Microsoft office excel dan SPSS 21 yang digunakan sebagai alat analisis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan setelah event Januari Effect hanya pada perusahaan berkapitalisasi besar secara parsial sedangkan secara simultan tidak terdapat perbedaan yang signifikan average abnormal return dan cumulative abnormal return sebelum dan setelah event Januari Effect baik secara sektoral, perusahaan berkapitalisasi besar dan perusahaan berkapitalisasi kecil pada sektor Consumer Goods. Namun terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity sebelum dan setelah event Januari Effect secara sektoral tetapi tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada trading volume activity sebelum dan setelah event Januari Effect pada perusahaan berkapitalisasi besar dan berkapitalisasi kecil sektor Consumer Goods.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 13:38
    Last Modified: 01 Oct 2015 13:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19878

    Actions (login required)

    View Item