PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SASTRA ANAK DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR

Rukayah, (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SASTRA ANAK DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (276Kb) | Preview

    Abstract

    Rukayah. T840208005. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Sastra Anak dengan Pendekatan Kooperatif di Sekolah Dasar. Disertai. Promotor: Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd, Co-Promotor I: Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd, dan Co-Promotor II: Prof. Dr. Andayani, M.Pd., Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran sastra anak di sekolah dasar. Adapun secara khusus tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan guru SD mengenai pedoman pelaksanaan pembelajaran sastra anak; (2) menyusun prototype model pembelajaran sastra anak di sekolah dasar dengan pendekatan kooperatif yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa; (3) mendeskripsikan hasil pengembangan prototype menjadi model pembelajaran sastra anak dengan pendekatan kooperatif di sekolah dasar; (4) menemukan keefektifan model pembelajaran sastra anak dengan pendekatan kooperatif di sekolah dasar; dan (5) memaparkan keberterimaan model pembelajaran sastra anak dengan pendekatan kooperatif di sekolah dasar berdasarkan pendapat stakeholders. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan tahap (1) studi pendahuluan yang meliputi (a) studi lapangan (eksplorasi); (b) studi pustaka; dan (c) workshop penyusunan prototype model pembelajaran sastra anak dengan pendekatan kooperatif; (2) tahap pengembangan model, yang meliputi (a) evaluasi pakar; (b) uji coba terbatas pada tiga SD di Kabupaten Klaten dan uji coba lebih luas pada enam SD di Kabupaten Sukoharjo dan Kota Surakarta; (3) tahap uji keefektifan model yaitu dengan mengeksperimenkan model pembelajaran sastra anak dengan pendekatan kooperatif pada enam SD di Kabupaten Purworejo, dan Purwodadi Grobogan; dan (4) tahap deseminasi produk serta keberterimaan model yaitu memperkenalkan buku Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Sastra Anak dengan Pendekatan Kooperatif di Sekolah Dasar kepada pengguna serta menerbitkan artikel ke jurnal internasional dan pengambil kebijakan serta melakukan uji keberterimaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) para guru SD membutuhkan pedoman untuk melaksanakan pembelajaran sastra anak; (2) bersama-sama dengan para guru, kepala sekolah, dan penilik sekolah SD disusun prototype model; (3) pendekatan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam belajar sastra anak dan bersastra anak; (4) hasil belajar sastra anak dengan pendekatan kooperatif lebih baik daripada dengan pendekatan konvensional; dan (5) model pembelajaran sastra anak dengan pendekatan kooperatif di SD dan “Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Sastra Anak dengan Pendekatan Kooperatif di SD” dapat diterima oleh stakeholders secara baik. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran sastra anak dengan pendekatan kooperatif di SD dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sastra anak, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotornya. Selain itu, dapat dikatakan bahwa pembelajaran sastra anak di sekolah dasar dapat digunakan untuk penanaman budi pekerti luhur, pendidikan moral, dan penanaman nilai-nilai karakter bangsa. Kata Kunci: Pembelajaran sastra anak, pendekatan kooperatif, sekolah dasar

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Doktor > Pendidikan Bahasa Indonesia - S3
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 13:21
    Last Modified: 01 Oct 2015 13:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19876

    Actions (login required)

    View Item