MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGGAMBAR POSTER DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Affandy, Rochmad Tri (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGGAMBAR POSTER DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (253Kb) | Preview

    Abstract

    Rochmad Tri Affandy. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGGAMBAR POSTER DENGAN PENERAPAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015 Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan kemampuan siswa menggambar poster pada kelas XII IPS 2 SMA Negeri 3 Sragen tahun ajaran 2013/2014 melalui penerapan metode praktik langsung dengan indikator 70% siswa mampu mencapai nilai hasil karya lebih besar atau sama dengan 80. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 3 Sragen. Siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan, dan 12 siswa laki-laki, adapun guru pengampu pelajaran Seni Budaya adalah Bapak Joko Widodo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2014 dengan dua siklus dan masing-masing siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara terstruktur, wawancara mendalam, dan dokumentasi berupa foto proses pembelajaran, nilai siswa, dan karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktik langsung dapat meningkatkan kemampuan menggambar poster siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 3 Sragen tahun ajaran 2013/1014. Hal ini didasarkan atas ketercapaian indikator penelitian pada 2 siklus dari rangkaian siklus pada Peneltian Tindakan Kelas, yaitu pada siklus I, persentase keberhasilan 55,6%, kemudian pada siklus II 70,4%. Kata kunci: Metode pratik langsung, gambar, poster, pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 01 Oct 2015 13:21
    Last Modified: 01 Oct 2015 13:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19875

    Actions (login required)

    View Item