EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP/MTs PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DI KABUPATEN SRAGEN

Nyoto, (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP/MTs PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 DI KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1110Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperati f t i pe Think Pai r Share (TPS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), TPS atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang mempunyai gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, atau gaya belajar kinestetik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang mempunyai gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, atau gaya belajar kinestetik, (4) pada masing-masing kategori gaya belajar, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperati f t i pe TPS dengan pendekatan RME, model pembelajaran kooperati f t i pe TPS atau model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 3  3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP/MTs Negeri di Kabupaten Sragen. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling kemudian diperoleh sampel sampel penelitiannya yaitu siswa di SMP N 1 Sambirejo, MTs N Plupuh, dan MTs N Sragen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 308 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah nilai tes prestasi belajar matematika dan angket gaya belajar siswa. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME maupun model pembelajaran TPS mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung. (2) Siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial. Siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik. (3) Pada model pembelajaran TPS dengan pendekatan RME, model pembelajaran TPS, dan model pembelajaran langsung, siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial. Siswa dengan gaya belajar visual mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik. (4) Pada kategori gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan RME maupun model pembelajaran TPS mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Kata kunci: TPS, Pendekatan RME, Gaya Belajar Siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 13:14
    Last Modified: 01 Oct 2015 13:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19873

    Actions (login required)

    View Item