PERBEDAAN SIKAP MORAL SISWA YANG TERLIBAT PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN YANG TIDAK TERLIBAT PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta)

Sholikhah, Nurul Maratus (2014) PERBEDAAN SIKAP MORAL SISWA YANG TERLIBAT PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN YANG TIDAK TERLIBAT PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (682Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara sikap moral siswa yang terlibat pelanggaran tata tertib dengan siswa yang tidak terlibat pelanggaran tata tertib sekolah (Studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode statistik komparatif, yaitu prosedur penelitian yang dilakukan untuk membandingkan satu variabel yang diteliti pada dua populasi yang berbeda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta yaitu sejumlah 265 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 32 siswa yang terlibat palanggaran tata tertib dan 48 siswa dari yang tidak terlibat pelanggaran tata tertib sekolah. Teknik pengumpulan data untuk variabel sikap moral menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif uji-t dengan seperated varians. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sikap moral siswa yang terlibat pelanggaran tata tertib dengan siswa yang tidak terlibat pelanggaran tata tertib sekolah (Studi pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta) yang dapat dibuktikan dengan analisa yaitu diperoleh thitung sebesar 8,1056. Selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel. ttabel dihitung dari selisih harga ttabel dengan dk = n1 - 1 dan dk = n2 - 1, dibagi dua dan kemudian ditambah dengan harga t yang terkecil. Maka n1 = 48; berarti dk = 47, maka harga ttabel = 1,697. n2 = 32, dk = 31, harga ttabel = 1,684 (untuk kesalahan 5%). Jadi harga ttabel yang digunakan adalah = 0,0065. Selanjutnya harga ini ditambah dengan harga t yang terkecil. Jadi 0,0065 + 1,684 = 1,6905. Harga t = 1,6905 ini adalah sebagai pengganti ttabel Dari perhitungan tersebut, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,1056 > 1,6905. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap moral siswa yang terlibat pelanggaran dengan sikap moral siswa yang tidak terlibat pelanggaran tata tertib sekolah. Kata kunci : sikap moral, pelanggaran, tata tertib

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 12:35
    Last Modified: 01 Oct 2015 12:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19866

    Actions (login required)

    View Item