PENGARUH PEMBELAJARAN CTL DENGAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA DAN KEMAMPUAN VERBAL

Nurkhamid, (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN CTL DENGAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA DAN KEMAMPUAN VERBAL. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (168Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi kognitif, afektif dan psikomotor pada pembelajaran CTL melalui metode Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing, kreativitas siswa, kemampuan verbal dan interaksinya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif, kemampuan verbal, angket untuk prestasi afektif dan kreativitas siswa dan hasil observasi untuk prestasi psikomotor. Teknik analisis data menggunakan analisis anava 2x2x2. Hasil pada penelitian ini adalah 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar kognitif antara pembelajaran CTL melalui metode Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing, namun ada perbedaan prestasi belajar afektif dan psikomotor antara pendekatan inkuiri melalui metode Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing. 2) ada perbedaan prestasi belajar kognitif dan psikomotor antara kreativitas tinggi dan rendah, namun tidak ada perbedaan prestasi belajar afektif antara kreativitas siswa tinggi dan rendah. 3) ada perbedaan prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotor antara kemampuan verbal tinggi dan rendah. 4) ada interaksi antara pembelajaran CTL melalui metode Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar kognitif namun tidak ada interaksi antara pembelajaran CTL melalui metode Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing dengan kreativitas terhadap prestasi belajar afektif dan psikomotor. 5) tidak ada interaksi antara pembelajaran CTL melalui metode Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotor 6) tidak ada interaksi antara kreativitas siswa dan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif, afektif dan psikomotor 7) tidak ada interaksi antara pembelajaran CTL melalui Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing dengan kreativitas siswa dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar kognitif, afektif dan psikomotor. Kata Kunci: pembelajaran CTL, Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing, kreativitas siswa, kemampuan verbal, prestasi belajar dan sistem peredaran darah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 01 Oct 2015 11:38
    Last Modified: 01 Oct 2015 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19860

    Actions (login required)

    View Item